Tugas Intro to Lingusitics

“Semantic : The Study of Meaning and Reference”

Kelompok 4 Kelas IIIB :
Hepy Julia ( E1D 011 027 )
Himayatinnisa Septiyana ( E1D 011 028 )
Lindawati Zakaria ( E1D 011 041 )
Nadira Intan Oktavia ( E1D 011 050 )
Nila Kusumawati ( E1D 011 052 )

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2012

Exercise chapter six ( Semantic : The study of Meaning and reference )
Page : 281 – 282
Question number 1 – 9.
1. Think of a reason, not given in the next, why semantics might be considered a part of a grammar.
Answer :
Karena semantik membahas mengenai arti dari kata, prase dan kalimat. Jika semantik tidak di masukkan ke dalam grammar maka penutur bahasa tidak memiliki acuan untuk memberikan arti pada setiap kata. Hal ini bisa menyebabkan setiap orang memiliki arti yang berbeda untuk setiap kata dan setiap penutur bahasa tidak akan memiliki pemahaman yang sama dalam menggunakan bahasa karena mereka memiliki arti dari kata yang mereka ciptakan sendiri dan hanya mereka sendiri yang bisa mengetahuinya. Karenanya, harus ada hubungan antara semantik dan grammar. Agar penyusunan kata yang di pelajari dalam grammar itu bisa kita mengerti dengan adanya arti kata yang sudah kita ketahui melalui semantik.

2. Can you think of a reason why semantic should not be included in a grammar ? Discuss.
Answer
: Karena bisa saja semantik khusus untuk membicarakan arti dan gaya bahasa. Sedangkan kita mengkhususkan grammar untuk membahas mengenai aturan dan struktur dari sebuah kalimat. Jadi, jika kita tidak memasukkan semantik dalam grammar karena kedua hal ini masih bisa berdiri sendiri.

3. What is ambiguity on the Referential Theory of meaning ? How might this semantic property be a problem for the theory? Defend your answer.
Answer :
Hal yang ambigu dalam Referential Theory of meaning ini adalah tiga teory tambahan yang berawal dari teory dasar yang di sampaikan di awal. Yakni :
– pernyataan pertama yang menyatakan bahwa jika sebuah ungkapan memiliki arti, maka ungkapan tersebut pasti memiliki object yang di tuju. Namun, pernyataan ini bisa dikatakan tidak benar, karena tidak semua uangkapan tersebut menggambarkan objek yang sebenarnya, seperti the, empty, and, hello, verry.
– Pernyataan kedua yang mengatakan bahwa jika dua ungkapan memiliki tujan yang sama, maka mereka memiliki arti yang sama juga, dalam arti lain ungkapan tersebut adalah sinonim. Tapi, banyak ungkapan yang menggunakan kalimat yang sama untuk mengacu pada satu object, tapi tidak berarti memiliki arti yang sama seperti yang dikatakan tadi.

4. What is ambiguity on the imagist version of the Mentalist Theory of meaning? How might this be a problem for the theory? Discuss.
Answer :

Dalam Mentalist Theory of meaning sifat keambiguan dapat muncul dari kata yang digunakan untuk menggambarkan object yang ingin di tuju. Karena dalam teori ini mengatakan bahwa arti dari sebuah uangkapan bisa berupa gambar, ide, konsep, perasaan dan pemikiran, maka kemungkinan terjadinya perbedaan gambaran yang di maksud oleh pembicara dengan pendengar sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan pemahaman dan kreatifitas dari setiap individu, untuk menggambarkan object yang di maksud. Karena untuk object yang misalnya memiliki arti sebuah gambaran dari kata “dog” bisa saja pembicara memaksudkan sebuah angjing Persia, namun gambaran yang muncul dalam pikiran pendengar yakni sebuah anjing Chihuahua.

Selain itu, teory ini tidak bisa di gunakan untuk memberikan gambaran pada semua object yang ingin di tuju pada saat berbicara, misalnya kita tidak bisa memberikan gambaran dari kata and, then, hai, hello, yes, or dan not.

5. Interpret the following sentencces. What are the principless of interpretation?
a. Ralph may not be a communist, but he’s at least a pinko.
b. He traded his hot car for a cold one.
c. John is studying sociology and other soft sciences.
d. Who killed Lake Erie?
Answer :

a. Ralph mungkin bukan seorang komunis, tapi setidaknya dia seorang adalah simpatisan komunis.
b. Dia mengganti mobilnya yang hebat untuk mobil lain yang lebih keren.
c. John sedang mempelajari sociology dan ilmu pengetahuan mudah yang lainnya.
d. Siapa yang merusak danau Erie ?

6. Think of five words, write down what you think they mean, then look them up in a good dictionary. Is your idiolect at variance with the dialect called Standar English?
Answer :

No. Kata Arti
( Idiolect ) Arti
( dari Kamus ) Keterangan
( bisa apa tidaknya disebut standar English )
1. Mean Berarti Rata – rata (kb), pertengahan(kb), berniat (kkt), bermaksud (kkt), berarti (kkt). Bisa.
2. Blue Sedih Biru (kb), murung (ks), sedih (ks). Bisa
3. Dream Cita – cita (kb) mimpi, angan – angan, cita – cita. Bisa

4. Mad Marah (ks) gila, marah Bisa
5. bother Mengganggu Kesusahan (kb), menyusahkan (kkt), mengganggu (kkt), mengacaukan (kkt). Bisa.

7. Suppose someone said that a grammar must desccribe what a speaker means in uttering an expression from the language, and that it must do this for every meaningful expression. What problem are there for this proposal?
Answer :

Masalah yang akan muncul jika kita menggunakan anggapan seperti yang di atas adalah tidak semua pendengar memiliki pemahaman yang sama dengan pemahaman yang ingin di sampaikan oleh pembicara. Bisa saja jika seorang pembicara mengucapkan sebuah kalimat yang ambigu, maka besar kemungkinan terjadinya perbedaan pemahaman antara pendengar dan pembicara.

8. Entailment relations are transitive : if cat  mammal, and mammal  animal, then cat  animal. Now consider the “part of” relations. Is it transitive ?
Answer :

a. Ya, bagian ‘a’ ini termasuk transitive karena ada hubungan tansitive yang terdapat pada “second, minute, hour dan a day”. Mereka sama – sama merupakan satuan waktu.
b. Ya, bagian ‘b’ ini termassuk transitive karena ada hubungan transitive antara “toenail, foot dan leg”, yakni sama – sama merupakan bagian tubuh manusia bagian bawah.
c. Tidak, bagian ‘c’ ini tidak termasuk transitive karena “henry’s toe” tidak bisa dikatakan sebagai bagian dari henry, ataupun bagian dari 23rd Battalion.

9. Consider the following sentencces and state what the reffering expression refers to :
a. The chair you are sitting on sells all over France for $200.
Answer :
its refers to an expensive chair.
b. Time Magazine was bought out by Hearst, so now it’s good for wrapping your garbage.
Answer :
its refers to an old magazine that was bought by someone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s